Perjuangan mengenalkan, melestarikan dan membumika segala bentuk kesusasteraan Bugis di tanah rantau ternyata SANGATLAH MUDAH, GAMPANG dan SEDERHANA. Hanya dibutuhkan kemauan untuk melakukannya, setelah punya kemauan, dibutuhkan keuletan ditambah "ilmu tahan banting".

Hanya mereka yang ulet dan tahan bantinglah yang mampu terus berbuat dan terus berbuat lagi. Terus berbuat dengan mengabdikan tenaga, pikiran dan materi untuk mengenalkan produk budaya adilhung Manusia Bugis tersebut.

Uniknya, mengenalkan produk budaya Adiluhung tersebut terasa lebih mudah jika sasarannya adalah warga pribumi di rantauan atau pada warga pendatang yang bukan orang Bugis. Kebalikannya akan terasa berat dan melelahkan jika sasarannya adalah pendatang yang masih keturunan (asas genetik) dan atau berasal dari tanah Bugis (asa geologi). Namun itu semua tidak akan membuat kami menyerah dan memarkir tangan kami, menjuntaikan kaki kami, melenakan pikiran kami atau mengeringkan isi dompet kami. Tidak, kami tidak akan melakukan itu, kami akan terus bergerak dengan segala apa yang kami miliki saat ini.

Jika sahabat berminat membantu kami, lakukanlah dengan empat cara sederhana :

 PERTAMA 

Jika sahabat memiliki literatur  berupa Lontaraq, Artikel, Buku, Majalah, Jurnal, Skripsi, Thesis, Desertasi, Naskah Pementasan, Dokumentasi Acara Budaya atau sekeder lembaran kertas yang didalamnya termakup ikhwal budaya Bugis (meski hanya secuil, sebaris) sudilah kiranya mendonasikannya kepada kami. Jika tidak aslinya, salinnanyapun kami sangat berkenan.

Literatur-literatur tersebut akan kami satu dengan ratusan koleksi kami yang telah ada sebelumnya. Menyatu dalam lemari-lemari perpustakaan PUSTAKA SULAWESI yang saat ini kami rintis.

Kini dan untuk seterusnya koleksi tersebut menjadi jujugan para akademisi, peneliti, pegiat budaya lainnya dalam menulis tugas kuliah, tugas akhir, melengkapi data penelitian serta menjadi acuan dalam melahirkan karya budaya yang luar biasa bagi para seniman-seniman Bugis. Mereka para penari, pemusik, perupa, kartunis, animator dan cinematografer.

Literatur sumbangan para sahabat akan bermanfaat bagi kami dan banyak person dan kelompok lainnya. Sumbangan literatur dapat diteruskan dengan dikirim ke :

Suryadin Laoddang / Relawan Galigo Bugis
d/a :
Jl. Wonosari KM. 10,5 Yogyakarta. RT. 01 RW. 01 No. 4 Babadan, Sitimulyo, Bantul Yogyakarta.
081 327 087 397

 KEDUA 

Jika sahabat memiliki dana lebih, setelah kebutuhan hidup sahabat sehari-hari terpenuhi serta tidak lagi memiliki tanggungan/kewajiban lainnya. Sudilah kiranya menyisihkan sedikit Rupiah, Ringgit atau Dollar sahabat untuk turut mendanai kegiatan-kegiatan kami. 10.000 Rupiah, 3 Ringgit atau 1 Dollar Amerika sahabat sangat berarti bagi kami. Setidaknya kami mampu membeli kartu perdana paket akses internet.

Kirimkan donasi sahabat ke rekeking sementara kami berikut ini :

Mandiri 
Bank Mandiri KCP UNY Yogyakarta, 
Nomor : 900-00-0193595-7, 
Atas Nama : Suryadin

 KETIGA 

Inilah cara yang paling ringan yang bisa sahabat lakukan, bantulah kami memperkenalkan laman internet (web site) kami ini ke sahabat-sahabat lainnya. Pasanglah tautan (link) artikel kami di jejaring sosial sahabat (Facebook, Fan Page, Blog, Twitter, Pinterest, Google+, Linked In, e-Mail). Bisa juga dengan merekomendasikan laman ini lewat Broadcast massal lewat Black Berry Messannger, Kakao Talk, Whats App, We Chat hingga Milist Group. Boleh juga dengan sms broadcast atau cerita dari mulut ke mulut.

Sederhana sekali kan? Sangat sederhana! Hanya dibutuhkan kemauan dan keikhlasan, sekali lagi kemauan dan keihlasan.

 EMPAT 

Masih ada cara yang lebih ringan, yakni dengan mendoakan kami. Mendoakan akan kelancaran acara-acara kami, akan kesehatan kami para pegiat Sastra Bugis.

Demikian sahabat yang bisa kami bagikan untuk sahabat sekalian, doa kami para sahabat akan mampu berbuat sesuatu bersama kami di Sastra Bugis. Jangan lupa bagikan halaman ini kepada sahabat-sahabat kita yang lainnya.