Laman (web site) Sastra Bugis ini kami luncurkan sebagai turunan dari laman www.suryadinlaoddang.com, laman pribadi tersebut dalam perkembanganannya telah sarat dengan berbagai macam materi tulisan. Terdapat tulisan dengan tema budaya, sastra bugis, sastra Indonesia, parenting, sekedar curhatan, catatan kuliah, peluang usaha hingga sekedar cerita yang tak jelas temanya.

Sastra Bugis dirasa perlu mendapat ruang khusus yang terkesan eksklusif dari segi tempat (baca: domain) namun terbuka dan dapat dengan mudah ditemui serta diakses oleh khalayak.

Sastra Bugis adalah tinggalan warisan budaya yang perlu dilestarikan, kesusasteraan ini telah diakui keberadaannya oleh dunia namun belum banyak sumber resmi yang mengenalkan dan menghadirkannya ke hadapan khalayak umum. Keberadaan laman ini juga tidak lepas dari dorongan berbagai pihak agar koleksi Galigo yang pernah ditulis dan dipublikasikan oleh Suryadin Laoddang dapat dijadikan satu laman sendiri, tidak tercampur baur dengan tulisan-tulisan lainnya. Untuk itu pemangku laman mengucapkan terima kasih atas saran tersebut.

Laman ini sendiri terbagi dalam beberapa menu utama, diantaranya :

a. Koleksi Galigo, memuat semua Galigo yang telah ditayangkan dalam laman ini.

b. Serial, memuat galigo-galigo yang telah dikelompokkan berdasarkan temanya. Misal, Serial Bulu Alunan Tempe memuat galigo-galigo yang diangkat dari lagu Bulu Alauna Tempe, serial lamar-melamar dalam tradisi masyarakat Bugis.

c. Artikel, memuat berbagai macam tulisan atau feature tentang berita-berita seputar dunia Sastra Bugis, Kupasan atas berbagai bentuk kesusasteraan Bugis lainnya, artikel tentang makna dibalik tari-tarian Bugis, artikel tentang tokoh-tokoh kesusasteraan Bugis.

Diluar menu laman tersebut, terdapat menu DONASI. Menu ini kami tampilkan untuk mengetuk rasa peduli para pecinta Sastra Bugis, berkenan peduli dan memberi sumbangsih berupa donasi dana untuk mendanai kegiatan-kegiatan pelestarian sastra Bugis yang digawangi oleh Suryadin Laoddang dan segenap mitra kerjanya. Donasi yang masuk akan dilaporkan secara terbuka melalui menu yang sama sebagai bukti pertanggung jawaban kepada segenap donator.